Inilah 4 di antara Kebahagiaan di Dunia Berdasarkan Hadits Rasulullah SAW

Kali ini kami ditugaskan untuk menulis hal yang paling dikenang atau berharga dalam satu pekan ini. Tentu sulit sekali menemukan karena kami tidak kemana-kemana. Kami hanya belajar saja di pondok. Namun  ada satu hal yang cukup membuat saya tersenyum-senyum sendiri. Sejak beberapa hari yang lalu saya sedang rajin-rajinnya browsing mengenai pandangan Islam tentang harta, tentang kekayaan. Saya juga streaming ceramahnya Dr. Arifin Badri di youtube yang judulnya “8 kunci sukses dalam hidup” walaupun belum selesai saya tonton. Terakhir, saya menemukan sebuah hadits riwayat Ibn Hibban tentang 4 dari sekian macam kebahagiaan di dunia dan 4 di antara kesengsaraannya. Berikut bunyi hadits tersebut :

“Ada empat diantara kebahagiaan: istri yang sholihah (baik), tempat tinggal yang luas, tetangga yang sholih (baik), dan kendaraan yang nyaman. Ada empat kesengsaraan: tetangga yang buruk, istri yang buruk, rumah yang sempit, dan kendaraan yang buruk.”(HR. Ibnu Hibban)

Mari kita bahas satu-satu.

Istri Sholihah

Mana ada laki-laki yang tidak ingin mendapatkan istri sholihah, pasti semua laki-laki ingin. Istri sholihah adalah istri yang taat kepada Allah SWT dan Rasulnya serta patuh kepada suaminya. Istri sholihah menuruti semua keinginan suami selama tidak melanggar syariat. Istri sholihah adalah istri yang mampu menjaga diri dan harta suaminya saat suaminya tidak bersamanya. Istri sholihah adalah istri dengan akhlak yang mulia. Dia pandai memuliakan diri, suaminya, orang tuanya, mertuanya dan saudara-saudaranya. Mempunyai istri sholihah adalah impian semua laki-laki. Dengan sholihahnya istri kita, tentu akan tumbuh rasa cinta yang semakin mendalam dan hiduppun semakin terasa bahagia. Tidak terbayangkan kan jika kita mempunya istri yang suka membantah, berpakaian sesukanya, suka melawan orang tuanya dan sifat buruk lainnya. Na’uzubillah

Wanita Sholihah

Semua Laki-Laki Menginginkan Wanita Yang Sholihah

Tempat Tinggal Yang Luas

Memiliki tempat tinggal adalah impian semua orang, baik itu berupa rumah atau apartemen. Tempat tinggal adalah kebutuhan primer, kebutuhan yang paling urgent disamping kebutuhan-kebutuhan yang lain. Memiliki tempat tinggal yang luas akan mengahadirkan rasa tenang, lapang dan nyaman. Bayangkan saja jika rumah kita sempit dan anggota keluarga tidur di tempat yang sama, tentu tidak nyaman. Luas dan nyaman tentu sangat relatif antara saya dan teman-teman. Namun menurut saya, rumah yang nyaman itu paling tidak memilik 4 kamar tidur (1 kamar suami istri, 1 kamar anak laki-laki, 1 kamar anak perempuan dan 1 kamar untuk tamu), memiliki kamar mandi yang cukup, memiliki dapur, halaman depan dan tempat parkir juga halaman depan untuk berkumpul dengan keluarga. Dan akan lebih baik jika ada kolam renangnya. hahaha

Rumah Yang Luasa

Rumah Yang Luas Bisa Menjadi Sebab Hadirnya Kebahagiaan

Kendaraan Yang Nyaman

Kendaraan akan memubuat hidup semakin mudah dan nyaman. Akan lebih baik check up kehamilan istri dengan mobil toh?, tidak berpanas-panasan di jalan, tidak kehujanan. Naik kendaraan umum seperti angkot, bus atau kereta bagi istri yang sedang hamil juga beresiko.

Selera saya dan teman-teman tentu berbeda. Namun buat saya, Honda Jazz sudah sangat nyaman. Mudah-mudahan saya dan teman-teman segera punya mobil sendiri ya agar kita bisa menjalani kehidupan dengan mudah dan nyaman. Aamiin

Kendaraan Yang Nyaman

Salah Satu Hal Yang Bisa Menjadi Sebab Hadirnya Kebahagiaan Adalah Memiliki Kendaraan Yang Nyaman

Tetangga Yang Baik

Apa gunanya rumah besar, mobil mewah dan deposito dimana-mana namun hidup di lingkungan masyarakat yang tidak baik?, tentu kehidupan kita akan menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, sebelum membeli rumah atau kavling, pastikan dulu lingkungan tempat tinggal tersebut adalah lingkungan yang baik. Ciri-ciri lingkungan yang antara lain menghargai tetangga-tetangga yang berbeda agama, yang muslim terbiasa dengan shalat berjamaah, dekat dengan mesjid, tidak ada masyarakat yang terlibat kejahatan dan tindak kriminal seperti pencurian, narkoba, begal dll.

Tetangga Yang Baik

Memiliki Tetangga Yang Baik Menjadikan Kehidupan Lebih Baik

Mudah-mudahan kita bisa memperoleh keempat hal tersebut di saat yang paling baik dan menjadi sebab hadirnya kebahagiaan dalam diri kita.

Terimakasi telah membaca dan jangan lupa membaca tulisan saya sebelumnya tentang bisnis-bisnis yang pernah dan sedang saya jalani.

Sampai jumpa di tulisan lainnya.

Razi.

 

 

2 Comments

  1. asepsaproni
  2. adi

Reply