Inilah 4 Ulama Yang Bisa Menjadi Rujukan Bagi Anda dalam Mendalami Islam

Ini tulisan kedua untuk hari ini setelah sebelumnya saya menulis tentang the butterfly effect. Kami yang biasanya hanya menulis satu tulisan setiap hari sekarang Mas Vatih tingkatnya menjadi dua tulisan. Belum tau ini hanya untuk hari ini atau juga di hari-hari berikutnya. Mudah-mudahan sih..ah sudahlah, kalau saya utarakan nanti modus yang saya tulisan di tulisan Lesson From The Kings malah menjadi sia-sia. :v

Baik, saya akan memberikan 4 rekomendasi guru besar yang bisa teman-teman jadikan rujukan dalam belajar agama. Sebelumnya saya mohon maaf hanya membahas 4 orang shaleh ini saja. Saya tidak bermaksud mendiskreditkan ulama-ulama yang lain, sungguh setiap ulama mempunyai kelebihan dan kemuliaan.

Empat orang ulama ini saya pilih karena dua hal. Pertama, karena keilmuan yang dimiliki oleh keempat ulama ini. Kedua, karena video-video dari keempatnya banyak sekali di youtube sehingga bisa teman-teman nonton.

Oke, mari kita simak siapa saja mereka.

1. Wahbah Zuhaili

Foto Wahbah Zuhaili

Wahbah Zuhaili Salah Satu Ulama Kontemporer Tingkat Dunia (SUmber Gambar: pondoktauhid.blogspot.com)

Nama lengkap beliau adalah  Prof.Dr.Wahbah Az Zuhaili. Beliau dilahirkan di sebuah desa bernama Dir `Athiah, utara Damaskus, Syiria pada tahun 1932 M. Beliau disebut-sebut ulama kontemporer tingkat dunia karena keilmuannya yang luar biasa. Beliau ulama yang menguasi banyak disiplin ilmu (mutafannin). Karangan beliau yang paling fenomenal adalah sebuah kitab dalam ilmu fiqh berjudul Al Fiqhul Islami wa Adillatuh. Selain itu juga ada karangan berupa tafsir yang berjudul At Tafsir Al Munir. Untuk di youtube, memang video beliau tidak banyak, hanaya beberapa. Namun saya menyarankan kalau teman-teman ada duit, mending beli aja kitabnya (sepertinya ada terjemahannya). Saya sendiri dulu waktu awal kuliah sempat belajar sedikit dari kitab Al Fiqhul Islami wa Adillatuh, isinya memang luar biasa.

2. Nouman Ali Khan

Foto Nouman Ali Khan

Nouman Ali Khan Memberikan Ceramah (Sumber Gambar: daarulislam.com)

Bagi teman-teman pembaca yang juga berteman dengan saya di facebook mungkin tau bahwa akhir-akhir ini saya sering sekali share video-video dari Om Nouman Ali Khan. Beliau adalah CEO sekaligus pendiri Bayyinah Institute yang sekarang tinggal di Dallas, Texas. Nouman Ali Khan basicnya adalah seorang pengajar bahasa Arab. Makanya dalam setiap ceramah atau videonya kita akan menjumpai pembahasan mengenai ayat-ayat tertentu dengan penjabaran melalui pemahaman tata bahasa yang sangat detil dan mendalam. Yang saya sukai juga dari Om Nouman adalah gaya bahasanya yang masih enak didengar dan masih “anak muda”. Bahasa Inggrisnya juga mudah dimengerti. Saya sangat menyarankan teman-teman untuk menonton video-video beliau.

3. Buya Yahya

Ulama Besar Buya Yahya

Buya Yahya Salah Satu Ulama Besar di Indonesia (Sumber Gambar: ipb.ac.id)

Buya Yahya adalah  salah satu ulama besar Indonesia yang keilmuannya sangat tinggi. Nama lengkap beliau adalah Yahya Zainul Maarif. Saat ini beliau memimpin dan mengasih pondok pesantren di Cirebon, Pesantren Al Bahjah. Jika mendengar ceramah beliau, kalau kata orang-orang internet marketing “daging semua isinya”, sekali duduk mendangar kita dapat banyak ilmu. Selain di pondok, beliau juga memberikan ceramah melalui radio dan televisi. Teman-teman bisa mendengar atau menonton ceramah-ceramah beliau di youtube atau mengunjungi website pesantren al bahjah, www.buyayahya.org. Salah satu video di youtube yang sangat saya anjurkan agar teman-teman nonton berjudul “Buya Yahya-Allah ada dimana”. Silahkan nonton video tersebut karena sangat berhubungan dengan tauhid.

4. Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur Salah Satu Ustadz Kondang di Indonesia (Sumber Gambar: isatahatiyusufmansur.com)

Teman-teman pasti kenal dengan ustadz kondang yang satu ini. Iya, Ustadz Yusuf Mansur is on my list. hehe. Alasan saya memasukkan beliau ke dalam salah satu dari empat ulama ini karena beliau sangat expert dalam hal per-sedekah-an. Jika kita mendengar ceramah-ceramahnya beliau maka kita akan sadari temanya tidak akan jauh-jauh dari sedekah. Beliau memang pernah bilang, kalau ingin belajar yang lain-lain sama Ustadz yang lain aja, saya mah soal sedekah aja. Selain itu beliau juga  mempunya pondok tahfidh Quran. Jadi, jika teman-teman ingin belajar lebih jauh tentang sedekah dan tahfidh Alquran, Yusuf Mansur ulama yang tepat. Silakan nonton video-video beliau di youtube.

 

Reply