Gugus Sakti

Tiga hari yang lalu kami santri  pesantren sintesa kedatangan tamu keren, nama beliau Gugus Sakti. Mas Gugus Sakti adalah seorang digital marketer, pemain google adsense juga search engine optimization (SEO) expert. Kedatangan beliau ke sintesa untuk sharing pengalaman dan transfer pengetahuan seputar dunia internet, khususnya yang berhubungan dengan internet marketing. Kedatangan beliau atas undangan undangan dari mentor kami, Mas Ibrahim Vatih. Mas Gugus Sakti sendiri adalah temannya Mas Ibrahim Vatih.

Perlu saya ceritakan bahwa setiap hari kami santri sintesa (kami berjumlah 9 orang) diwajibkan menulis satu tulisan (konten) setiap hari. Tema tulisan dari mulai kehidupan pribadi, internet marketing hingga dengan tema bebas. Namun untuk kali ini, Mas Vatih  meminta kami untuk menuliskan hasil sharing session oleh Mas Gugus.

Sebenarnya banyak sekali yang dibicarakan oleh Mas Gugus, saking banyaknya saya  sampai tidak tahu ingin menulis apa. hehe. Mas Gugus juga tidak membahas dengan tema khusus. Di awal sharing beliau menceritakan sedikit tentang beliau, lalu balik kami yang yang menceritakan apa saja yang sudah kami dapatkan di sintesa kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Hampir keseluruhan sharing di sore itu merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kami. Berikut saya ceritakan beberapa poin yang disampaikan Mas Gugus.

Seorang Internet Marketer Harus Bisa HTML dan CSS

Mas Gugus tidak menyebutkan seorang internet marketer wajib bisa HTML dan CSS. Namun sebaiknya seorang internet marketer akan lebih baik juga mengetahui kedua hal ini. Secara umum, HTML adalah bahasa penanda yang digunakan untuk memberikan konten (teks) struktur dan makna semantik. Sementara CSS adalah bahasa yang digunakan untuk memberikan konten gaya penampilan yang bagus. Well, begitulah kira-kira pengertian kedua hal tersebut. Karena saya juga tidak terlalu paham. hehe

html dan cms ilustrasi

Seorang Internet Marketer Sebaiknya juga bisa HTML dan CSS

Affiliate Business

Bisnis afiliasi (affiliate business) secara umum adalah model bisnis yang proses mendapatkan uanganya dengan cara menjual produk/jasa orang lain. Model bisnis ini sangat mudah dan aman untuk dilakukan karena tidak kita tidak perlu memiliki produk terlebih dahulu. Selain itu, model bisnis ini sangat minim resiko. Saya sendiri sudah dan masih melakukan model bisnis afiliasi.

Menurut Mas Gugus, ada tiga hal yang membuatu sebuah bisnis afiliasi menjadi ideal. Pertama, bisnis tersebut menghasilkan jumlah uang/komisi yang sesuai dengan si pelaku bisnis tersebut. Kedua, produk yang kita jual atau pasarkan merupakan produk yang kita suka, lebih-lebih jika berhubungan dengan hobi kita. Terakhir, proses menjual dan memasarkan dapat dilakukan dengan mudah.

Ketiga hal tersebut tidak selalu ada dalam setiap bisnis afiliasi. Namanya  juga kondisi ideal. Namun Mas Gugus mengatakan jika ada hal yang tidak ada, tetap jalankan, selama kita masih bisa melakukannya dan menghasilkan uang.

business model

Ada Banyak Macam Business Model, Salah Satunya Affiliate Business

Manajemen Keuangan

Salah satu dari kami ada yang bertanya mengenai manajemen keuangan yang baik. Pertanyaan tersebut muncul karena banyak sekali pengusaha yang tidak bisa maju karena gagal dalam memanage keuangannya. Mas Gugus juga berbagi berbagi tips menyangkut dengan hal ini. Berikut dua hal masukan dari Mas gugus mengenai Manajemen keuangan.

Catat Cash Flow dengan Detil

Pencatatan cash flow sangat penting menurut Mas Gugus. Kadang kali kita tidak sadar dalam menghabiskan uang, tiba-tiba saldo di rekening sisa sedikit. Untuk itu, diperlukan pencatatan cash flow yang baik hingga ke pengeluaran-pengeluaran kecil seperti bayar angkot, beli gorengan, bayar parkir dll. Pencatataan cash flow sangat penting untuk memantau darimana saja sumber penghasilan kita dan kemana saja kita menghabiskannya untuk kemudian dilakukan evaluasi.

Memisahkan Rekening

Mas Gugus memiliki beberapa rekening bank, paling tidak beliau memiliki 3 rekening bank. Rekening-rekening bank tersebut dimaksudkan untuk keperluan yang berbeda-beda agar tidak bercampur antara keperluan yang satu dengan yang lainnya. Rekening pertama digunakan untuk keperluan bisnis. Rekening kedua untuk keperluan operasional sehari-hari diri dan keluarga. Sementara rekening yang terakhir digunakan sebagai tabungan yang tidak akan diambil dalam waktu yang lama.

Cash flow

Pencatatan Cash Flow Secara Detil Sangat Penting Bagi Pengusaha

Itulah beberapa hal yang disampaikan oleh Mas Gugus dalam sharing session beberapa hari yang lalu. Sebenarnya masih banyak yang disampaikan oleh beliau, mungkin akan saya ceritakan di lain waktu. Oh iya, sharing sessionnya diakhiri dengan makan-makan gorengan. hehe

Foto Bersama Mas Gugus Sakti di Pesantren Sintesa

Foto Bersama Mas Gugus (Baju Merah) Sakti di Pesantren Sintesa

Teman-teman yang ingin membaca tulisan saya sebelumnya bisa membaca disini.

Have a nice day.

Razi.