Kisah Nyata Inspiratif Seorang Jack Ma – Pendiri Ecommerce Besar Alibaba.com

Kamu tau siapa orang terkaya di Cina?

Namanya Jack Ma, CEO alibaba.com. Alibaba.com tercatat sebagai perusahaan dengan IPO terbesar dalam sejarah. Sebagian kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang Jack Ma.

Kisah sukses Jack dalam membangun bisnis sehingga menjadi orang terkaya di Cina telah menginspirasi banyak orang. Bagaimana cerita perjalanan Jack Ma? Mari kita simak.

Siapa Jack Ma?

Jack Ma (a.k.a Ma Yun) dilahirkan 15 Oktober 1964 di daerah Hangzhou. Dia memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Ma dan keluarganya tumbuh dan hidup dalam keadaan yang kurang mampu.

Ma kecil adalah anak yang kurus. Namun Ma sering berkelahi dengan teman sekelasnya tanpa rasa takut walaupun lawannya lebih besar. Ma kecil suka mengumpulkan jangkrik dan dijadikan sebagai lawan jangkrik lainnya. Hal seperti ini juga sering kita jumpai di Indonesia.

Tahun 1972, kampung halaman Ma dikunjungi presiden AS Richard Nixon. Sejak saat itu, kampungnya menjadi tujuan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Ma memnafaatkan situasi dengan menjadi penerjemah sekaligus tour guide bagi pengunjung. Inilah awal mula munculnya nama “jack”.

Setelah lulus SMA, Ma melanjutkan ke jenjang kuliah. Dia gagal ujian masuk kuliah sebanyak dua kali. Namun berhasil masuk dikali ketiga. Ma kuliah di Hangzhou Teacher’s Institute dan lulus tahun 1988.

Setela lulus Ma melamar ke beberapa perusahaan. Ma cukup sering ditolak ketika melamar pekerjaan, termasuk pernah ditolak bekerja di KFC. Akhirnya Ma bekerja sebagai guru bahasa Inggris dengan penghasilan $12 per bulan.

Mengenal Internet

Saat berkunjung ke AS tahun 1995, Ma terpikat dengan hal yang baru pertama kali dia kenal, internet. Hal yang pertama kali dia cari di internet adalah “bir”. Ma terkejut karena tidak menemukan “bir Tiongkok” dari daftar hasil pencarian. Itulah yang menjadi titik awal sebelum membangun perusahaan internet Cina. Iya, karena persoalan bir doang, hehe.

Awal membangun bisnis ini, Jack Ma mengalami banyak kegagalan. Paling tidak sebanyak dua kali.

Ma sempat mengumpulkan 24 orang temannya untuk meminta pendapat mereka mengenai bisnisnya. 23 temannya menyarankan agar Ma berhenti saja. Hanya satu orang yang memberinya semangat.

Empat tahun sejak awal berbisnis, Ma berhasil mengumpulkan 17 teman-temannya untuk berinvestasi di perusahaan yang sedang dia bangun, ecommerce. Ecommerce tersebut diberinama alibaba. Situs ini menjual produk-produk dari eksportir sehingga para pembeli dimudahkan dengan hanya menjadi di satu tempat saja. Tinggal search, berbagai jenis produk muncul.

Bekembang

Sekitar Oktober 1999, alibaba.com berhasil mengumpulkan $5 juta dari Goldman Sachs dan $20 juta dari SoftBank. Dana tersebut cukup besar untuk mengembangkan perusahaan. Tim yang dibentuk Ma pun cukup solid.

Sekitar tahun 2005, yahoo! membeli 40% saham alibaba.com seharga $1 milyar. Angka yang cukup fantastis.

Alibaba.com tercatat sebagai perusahaan pertama dengan IPO sebesar $150. Hal ini merupakan pertama dalam sejarah Bursa Efek New York. Hal ini menjadikan Ma orang terkaya di Cina dengan nilai kekayaan sekitar US $25 miyar.

Referensi:

1. kumpulancerita.net

2. liputan6.com

 

 

One Response

Reply