Inilah Kumpulan Hadits Shahih Tentang Ilmu

Hari ini saya ingin menampilkan beberapa hadits shahih mengenai ilmu. Mudah-mudahan beberapa hadits yang saya tampilkan disini menjadi penyemangat bagi kita dalam menuntut ilmu.

Hilangnya ilmu dan Bahayanya Berfatwa Tanpa Ilmu

Dari Abdullah bin Amru bin Al-Ash Radhiyallahu’anhu, dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Allah tidak mengangkat ilmu dengan cara mencabutnya langsung dari (dada) manusia. Akan tetapi diangkatnya ilmu dengan cara mewafatkan para Ulama. Sehingga apabila tidak tersisa lagi orang alim (ulama), maka manusia akan menjadikan orang – orang bodoh menjadi pemimpin (ulama) mereka. Ketika mereka (orang bodoh yang diangkat menjadi ulama) ditanya, maka mereka berfatwa tanpa ilmu sehingga mereka sesat dan menyesatkan.” (HR Imam Muslim)

Hilangnya Ilmu adalah Tanda-tanda Kiamat

Tanda-tanda kiamat dicabutnya ilmu

www.100hdwallpapers.com

 

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Diantara tanda – tanda hari kiamat adalah diangkatnya ilmu, tersebarnya kebodohan, banyaknya orang minum khamar dan perzinaan dilakukan dengan terang – terangan.” (HR Imam Muslim)

Boleh Iri Terhadap Orang Berilmu

Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu’anhu berkata : bahwasanya Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Tidak boleh Hasad kecuali dalam dua perkara. 1). Terhadap orang yang diberi harta oleh Allah, lalu dia menghabiskan nya dijalan yang benar. 2). Dan terhadap orang yang diberi hikmah (ilmu) oleh Allah lalu dia mengamalkan dan mengajarkan nya kepada orang lain.” (HR Imam Bukhari)

Jangan Ragu dan Malu Dalam Menuntut Ilmu

Dari Abu Waqid al-Laitsi bahwa ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam sedang duduk dalam majelis di masjid dikelilingi oleh para sahabat, tiba-tiba datanglah tiga orang. Dua orang mendatangi Rasulullah dan yang satunya lagi pergi. Kedua orang itu berdiri dihadapan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, salah seorang dari mereka melihat celah di sela majelis lalu dia duduk disitu. Dan satu lagi duduk dibagian belakang majelis. Sementara yang ketiga pergi meninggalkan majelis. Sesudah menyampaikan nasehat (ceramah) beliau bersabda: “Maukah kalian aku beritahukan tentang tiga orang tadi? Adapun orang yang pertama, ia mendekati Allah, maka Allah pun mendekatinya. Orang yang kedua, ia malu-malu, maka Allah pun malu terhadapnya. Adapun orang yang ketiga, ia berpaling, maka Allah pun berpaling darinya.” (HR Imam Bukhari)

Menuntut Ilmu adalah Kewajiban

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu, ia berkata : “Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap Muslim.” (HR Imam Ibnu Majah)

Dimudahkan ke Surga

Penuntut ilmu dimudahkan jalan ke surga

http://www.howickbaptist.org.nz/

Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (HR Muslim)

Kelebihan Orang Berilmu

Kelebihan seorang alim terhadap seorang ‘abid (ahli ibadah) seperti bulan purnama terhadap seluruh bintang. (HR Abu Dawud )

Perumpamaan Penuntut Imu

Hadis riwayat Abu Musa ra.: Dari Nabi saw. bahwa beliau bersabda: Perumpamaan Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung dalam mengutusku untuk menyampaikan petunjuk dan ilmu adalah seperti hujan yang membasahi bumi. Sebagian tanah bumi tersebut ada yang subur sehingga dapat menyerap air serta menumbuhkan rerumputan dan sebagian lagi berupa tanah-tanah tandus yang tidak dapat menyerap air lalu Allah memberikan manfaatnya kepada manusia sehingga mereka dapat meminum darinya, memberi minum dan menggembalakan ternaknya di tempat itu. Yang lain menimpa tanah datar yang gundul yang tidak dapat menyerap air dan menumbuhkan rumput. Itulah perumpamaan orang yang mendalami ilmu agama Allah dan memanfaatkannya sesuai ajaran yang Allah utus kepadaku di mana dia tahu dan mau mengajarkannya. Dan juga perumpamaan orang yang keras kepala yang tidak mau menerima petunjuk Allah yang karenanya aku diutus. (HR Muslim)

Itulah beberapa hadits shahih mengenai ilmu, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga tentang mengenal aqidah ahlussunnah yang benar.

Have a nice day.

Reply