11 Manfaat Daun Sirsak

Sirsak adalah jenis tanaman yang banyak sekali manfaatnya. Paling tidak ada dua bagian dari tanaman sirsak yang mempunyai manfaat khusus yaitu buah dan daun sirsak. Buah sirsak, selain enak dan manis, juga baik untuk mengobati sariawan. Namun kali ini yang akan kita bahas adalah manfaat daun sirsak. Apa saja manfaat dari daun sirsak? Berikut beberapa di antaranya.

1. Mencegah dan Mengobati Kanker

Kanker saat ini telah menjadi penyakit yang cukup menakutkan. Jenis kanker pun bermacam-macam. Apalagi ditambah gemporan berbagai makanan yang aneh-aneh, otensi kita terkena kanker hari ini cukup
besar. Untuk itu, diperlukan pencegahan sejak dini dan pengobatan secara tepat.

Salah satu manfaat daun sirsak adalah untuk mencegah dan mengobati kanker. Berikut aturan mengkonsunsumsi daun sirsak untuk mengobati dan mencegah kanker:
1. Ambil 150-20 helai daun sirsak tua
2. Rebus dengan air secukupnya sampai mendidih. Bisanya direbus dengan 3 gelas air dan dibiarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas air saja.
3. Saring air rebusan tersebut dan tuangkan ke dalam gelas

Cukup mudah bukan?

Sebaiknya minum air rebusan daun sirsak tersebut sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore hari. Air dari daun sirsak juga sangat disarankan untuk para penderita kanker. Beberapa kalangan bahkan menyebutkan bahwa
daun sirsak 100 kali lebih hebat dalam menyembuhkan kanker dibandingkan kemoterapi.

2. Mengobati Rematik

Rematik identik dengan penyakit masa tua. Iya, biasanya yang mengalami penyakit ini adalah kalangan orang berumur. Cara menyembuhkan rematik agak berbeda dengan pencegahan dan pengobatan kanker. Jika pencegahan
dan pengobatan kanker daun sirsaknya direbus, maka untuk rematik daun sirsak tersebut diremukkan dan ditempelkan ke bagian yang sakit. Saat meremukkan, jika memang diperlukan tambahkan air beberapa tetes. Jumlah daun sirsak yang diremukkan tergantung besar area yang sakit. Jika perlu, balut agar tidak terjatuh saat berjalan.

3. Cocok untun Penderita Darah Tinggi

Bagi penderita darah tinggi, daun sirsak sangat cocok agar penyakit anda perlahan membaik. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu merebus beberapa daun sirsak seperti cara di atas. Ada juga yang menyebutkan agar ke dalam panci rebusan juga ditambahkan potongan bawang putih beberapa suing. Minum 2 kali sehari sampai anda merasakan efek membaik.

4. Mengobati Asam Urat

Penyakit lain yang mampu diatasi oleh daun sirsak adalah asam urat. Cara meminum dan frekuensinya sama seperti yang disebutkan sebelumnya.

5. Batuk Ringan

Jika anda atau anak anda terkena batuk ringan, segera cari daun sirsak untuk mengobatinya. Siapkan beberapa lambar daun sirsak, remas kuat-kuat hingga mengeluarkan air. Minum air tersebut dan batuk yang diderita akan sembuh secara perlahan. Minum beberapa kali hingga anda merasakan efeknya.

6. Menghilangka Kutu Rambut

Kutu rambut adalah masalah yang cukup menjengkelkan. Anda yang memiliki rambut panjang dan dijadikan sebagai sarang kutu tentu tahu bagaimana rasanya. Saat ini memang banyak beredar berbagai macam obat untuk megatasi kutu. Namun kebanyakan adalah obat berbahan kimia. Kenapa kita tidak mencoba yang alami? Iya, daun sirsak adalah obat alami yang ampuh menghilangkan kutu rambut. Caranya cukup denga merebuh beberapa helai daun sirsak. Air rebusan tersebut kemudian digunakan saat keramas. Janga lupa didiamkan beberapa lama sebelum dibilas.

7. Mengatasi Sakit Punggung

Jika anda menderita sakit puggung, jangan ragu untuk menggunakan daun sirsak sebagai obat. Caranya cukup direbus dan diminum air rebusan tersebut selama beberapa waktu.

8. Obat Sesak Napas

Daun sirsak juga sangat baik untuk mengobati sesak napas atau asma. Anda yang ditemani asma bertahun-bertahun tapi belum sembuh juga mungkin bisa mencoba daun sirsak. Remukkan beberapa lembar daun sirsak, remas lalu tampung airnya. Minum tiap pagi hari hingga anda merasa penyakit tersebut perlahan membaik.

9. Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan salah satu hal yang cukup menjengkelkan, terutama bagi wanita. Salah satu manfaat daun sirsak adalah mengatasi komedo. Haluskan beberapa lembar daun sirsak lalu oleskan ke hidup. Lakukan gerakan seperti memijit atau menggosok. Beberapa kalangan menyebut daun sirsak juga mampu mengatasi berbagai peyakit kulit seperti eksim dan lainnnya.

10. Mengobati Bisul

Jika saat ini anda terkena bisul, maka anda sedang membaca artikel yang tepat. Iya, daun sirsak mampu menyembuhkan bisul. Carannya sama seperti di atas. Haluskan beberapa lembar dau sirsak lalu oleskan ke bagian tubuh anda yang terkena bisul.

11. Mengatasi Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh berlebihnya kandungan gula di dalam tubuh kita. Makanya diabetes juga dikenal dengan penyakit gula darah. Jangan takut, jika diabetes ada tidak kunjung sembuh juga, segera beralih mencoba daun sirsak. Caranya sama seperti untuk menyembuhkan beberapa penyakit di atas yaitu dengan cara direbut dan meminum air rebusan tersebut.

Sumber referensi:

manfaat.co.id
manfaatbuahdaun.blogspot.com
manfaatnyasehat.com

 

Reply