Nasehat Tentang Kehidupan – Bagian Cerita di Pondok Pesantren Sintesa (Part 1)

Hari ini guru kami, Mas Vatih, pulang kembali ke Magetan. Beliau di pesantren sintesa memang hanya dua minggu dalam satu bulan. Dulu malah rencananya cuma satu minggu. Mudah2an guru kami terus diberi kesehatan. Istri dan anak mau ngga mau ditinggal di Magetan juga mudah-mudahan diberikan balasan yang paling baik. Kebayang dong jika ditinggal pasangan selama dua minggu setiap bulannya?

Sebelum pulang, kami “menodong” Mas vatih untuk memberikan nasehat-nasehat untuk kami para santri, khususnya untuk dua minggu ke depan sebelum beliau balik lagi ke pesantren ini. Nasehat-nasehat itu rupanya saya rasa luas banget, makanya saya tertarik untuk nge-share ke teman-teman.

Biar sambil nyelam minum air, maksudnya walaupun tulisan ini merupakan cerita pribadi, saya tetap ingin  tulisan ini bisa mendatangkan visitors dari mesin pencari. Maknya saya coba membuat judul berbasis research keyword yang sudah Mas Vatih ajarkan.

Nasehat-nasehat tersebut akan saya tuliskan poin per poin.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan semoga  tulisan ini mendatangkan banyak visitor. :v Aamiin

Materi Yang Dipelajari Sudah Cukup Banyak

Materi Internet Marketing sudah lumayan

http://www.uglydogbooks.com/

Mas Vatih bilang mungkin materi internet marketing, khususnya mengenai adsense, sudah sekitar 60%. Padahal kami belum sampai dua bulan di sini. Namun hasil dari materi tersebut memang belum ideal, belum maksimal. Materi-materi yang sudah kami dapatkan itu memang harus ditopang oleh jam terbang.

Kami memang belajar banyak hal selama di sini. Khusus dua minggu ini, kami belajar mengenai research keyword, profile backlink, manfaat plugin yang lebih mendalam, google highlight, membuat konten dengan basis research keyword untuk website satujam.com maupun blog pribadi kami sendiri dan lain sebagainya.

Kalau diingat-ingat, dua bulan yang lalu, saat pertama kali kami ke sini, kebanyakan kami bahkan belum tau apa itu domain dan hosting. Dan hari ini, kami sudah memahami banyak hal mengenai internet marketing. Alhamdulillah, terimakasi banyak Mas Vatih.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

“Segala puji bagi Allah yang dengan nikmatnya sehingga sempurnalah segala amal kebaikan”

Jadi Lebih Produktif

Manajemen Waktu yang baik

http://behindthehustle.com/

Jika mengambil patokan pada umur Rasul, 63 tahun, berarti saya cuma punya sisa hidup sekitar 39-40 tahun. Biasanya kita tidur 8 jam sehari atau 1/3 dari waktu yang kita punya. Jadi saya menghabiskan sekitar 14 tahun untuk tidur aja ke depannya. Sisa waktu sekitar 26 tahun. Untuk aktivitas makan, minum, mandi, dalam perjalanan, bercanda, ngobrol, nongkrong dll jika diakumulasikan menurut Mas Vatih bisa 10 tahun. Jadi waktu produktif yang mungkin bisa saya gunakan hingga saya  meninggal sekitar 16 tahun. Di sisa waktu yang hanya 16 tahun (kalian mungkin beda-beda), sebaiknya kita gunakan untuk yang benar-benar produktif, benar-benar baik, benar-benar penting. Mas Vatih selalu menekankan bahwa lakukan sesuatu yang bermanfaat kepada banyak orang, bukan hanya kita sendiri. Bikin program2 yang di dalamnya memnentingkan kebermanfaatan ke orang lain. Bahas dan lakukan program2 itu dengan istri dan keluarga besar.

Dan jangan lupa selalu meniatkan ibadah dalam setiap aktivitas. Dengan meniatkan ibadah, besar kemungkinan waktu 10 jam (yang kita habiskan untuk waktu makan, perjalanan, mandi, ngobrol dll) juga akan bernilai ibadah.

Saya secara pribadi sangat2 bersyukur Allah takdirkan bisa belajar di pesantren ini. Secara umum kami memang belajar mengenai internet marketing, lebih tepatnya fokus di google adsense, penjualan produk, SEO dan pemanfaatan media sosial. Namun suasana yang dibangun seperti di pondok. Kami shalat berjamaah 5 waktu, shalat dhuha, tahfidh Alquran, zikr terjadwal, puasa setiap senin-kamis dll. Bisa dibilang setiap aktivitas yang kami lakukan disini “daging semua”.

Ok, cukup dua poin dulu. Silakan lanjutkan membaca Nasehat Tentang Kehidupan (Part 2). Di sana ada pembahasan yang lebih keren, tentang “musuh yang nyata”. Udah, klik aja link nya. :v

One Response

Reply