After Sintesa: Target-target yang Ingin Saya Capai Setelah Selesai Belajar di Pondok Pesantren Sintesa

Dalam tulisan ini saya akan menulis beberapa target yang ingin saya capai satu tahun dari sekarang setelah nyantri di pesantren sintesa. Silahkan membaca tulisan saya sebelumnya tentang pesantren sintesa untuk informasi lebih lanjut.

Secara umum, saya membagi target setelah sintesa menjadi dua macam. Pertama, target-target yang menyangkut dengan penguasaan seluk-beluk bisnis online atau pemanfaatan internet untuk menciptakan pundi-pundi rupiah. Kedua, target-target yang menyangkut dengan perbaikan kualitas diri dari sisi spiritualitas. Baik, sekarang saya akan membahas target-target tersebut satu per satu.

Menguasai Seluk-Beluk Bisnis Online

Internet merupakan fenomena yang luar biasa. Segala sesuatu menjadi begitu mudah sejak internet ada, bahkan soal mendapatkan uang. Pemanfaatan internet untuk menciptakan pundi-pundi rupiah menjadi suatu keniscayaan. Sayang sekali jika internet dimanfaatkan hanya untuk hura-hura dan menghabiskan waktu semata.

Ada banyak sekali cara yang bisa lakukan dengan internet untuk menghasilkan uang. Namun saya menargetkan untuk menguasai dua hal saja, google adsense dan online  selling. Kedua hal ini juga yang akan menjadi fokus materi (bahan ajar) Mas Vatih, salah satu founder pesantren sintesa.

Menguasai Google Adsense

Salah satu target saya satu tahun dari sekarang adalah menguasai seluk-beluk google adsense, bagaimana mendapatkan penghasilan melalui satu atau beberapa website. Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diprakarsai oleh Google. Melalui program ini, pemilik website yang telah mendaftar dan diterima sebagai anggota diperbolehkan memasang iklan-iklan yang dititipkan pemilik usaha ke google. Pemilik website akan mendapatkan pemasukan berupa bagi hasi dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung website, bisa dikenaldengan pay per click (ppc) atau bayar per klik. Untuk mewujudkan hal ini, tentunya nanti saya harus memiki paling tidak satu website yang berisi konten-konten berkualitas. In syaa Allah satu tahun dari sekarang, saya akan mempunyai satu website berisi konten-konten berkualitas dan mendapatkan penghasilan dari google adsense melalui website tersebut.

Google Adsense

Ilustrasi Google Adsense

Menguasai Online Selling

Saya lebih suka membahasakan dengan online selling, atau menjual sesuatu baik barang atau jasa secara online. Ada juga yang membahasakan dengan internet marketing. Kedua hal ini menurut saya memiliki maksud yang sama. Satu tahun kedepan, saya akan memiliki minimal satu website penjualan product yang bisa saya optimasi sendiri sehingga kuantitas penjualannya paling tidak mencapai 100 unit per bulan. Saya memang sudah memiliki website penjualan produk, www.lapakrazi.com namun optimasinya belum maksimal.

Logo LapakRazi.com jual mesin

Logo LapakRazi.com, website penjualan produk saya

 

Target Spiritual

Life balance, itu yang dari waktu terus saya pelajari dan aplikasikan, bagaimana menjalani hidup secara seimbang (balance). Bahwa hidup ini sebenarnya memiliki tujuan akhir, yaitu menuju akhirat, menuju Allah, menuju surga. Materi saja tidak akan cukup. Ketercukupan materi itu harus diimbangi oleh kualitas pribadi yang baik, shaleh dan berakhlak mulia.

Beberapa target spiritual yang ingin saya capai satu tahun dari sekarang antara lain :

1. Mampu menghafal Juz 29 dan 30, juga Surat Ali Imran, Al kahfi, Yasin, Ar Rahman, dan Al waqiah.

Saya ingin sekali mempu menghafal Alquran, namun untuk bisa menjadi hafidh tentu tidak mudah. Target hafalan yang ingin saya capai ini sebenarnya masih terasa berat. Namun mudah-mudahan Allah mudahkan.

2. Takbiratul Ihram bersama Imam selama 40 hari berturut-turut

Ada hadits yang menyebutkan bahwa barangsiapa yang berturut-turut takbiratul ihra bersama Imam selama 40 maka akan dijauhkan dari api neraka. Saya sudah berulang kali berusaha dan selalu gagal, memang sulit untuk istiqamah, karena syaratnya harus berturut-turut. Mudah-mudahan dengan adanya lingkungan yang kondusif seperti di sintesa, target ini bisa tercapai secepatnya.

3. Terbiasa dengan amalan-amalan atau ibadah-ibadah sunnah seperti shalat berjamaah, tahfidh, tilawah, zikr, dhuha, Shalat sunnah qabliya-ba’diyah, puasa senin-kamis dll untuk kemudian menjadi kebiasaan yang istiqamah setelah keluar dari sintesa.

Demikian target-target yang ingin saya capai satu tahun dari sekarang, setelah  sintesa.

Shalat di pinggi danau

Shalat dapat mencegah dari perbuatan buruk dan mungkar