14 Tempat Rekreasi di Bogor Ini Memang Luar Biasa, Kamu Ngga Akan Menyesal Berkunjung ke Sana!

Kali ini kita akan obrolin soal Bogor, Kota Hujan.

Berbicara Bogor, beuh, banyak banget kenangan. Iya, saya menghabiskan 4 tahun lebih untuk kuliah di Sana.

Kira-kira apa saja ya tempat wisata yang keren di Bogor? Yuk lihat list-nya.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor saya rasa cukup pantas diletakkan di urutan pertama. Kebun seluas 85 hektar ini memang bisa disebut sebagai destinasi utama para pengunjung. Boleh jadi orang-orang ngga tau destinasi yang lain, tapi Kebun Raya Bogor minimal pernah dengar.

Kebun Raya Bogor letaknya dekat dengan Kota Bogor. Kamu ngga perlu pusing soal transportasi. Bogor terkenal juga dengan “Kota Sejuta Angkot”.

Di sana kamu akan menikmati berbagai jenis tanaman yang ukurannya besar-besar. Suasanya pun sangat nyaman dan sejuk. Dijamin betah

2. Istana Bogor

Selama ini kamu berpikir istana presiden cuma di Jakarta? Salah. Istana presiden itu ada enam, salah satunya yang paling terkenal adalah istana Bogor.

Istana Bogor adalah bagian dari Kebun Raya Bogor, namun kamu ngga boleh sembarangan masuk ke sana.

Yang unik dari istana Bogor adalah keberadaan rusa-rusa yang berkeliaran bebas di dalam kompleks istana. Rusa-rusa ini didatangkan khusus dari Nepal. Kamu bisa ikut memberi makan rusa-rusa ini dari luar pagar istana. Banyak abang-abang penjual wortel atau kangkung khusus buat makan rusa-rusa itu.

3. The Jungle Water Park

Seperti namanya, the jungle water park ada wahana permainan air. Lokasinya terletak di perumahan Nirwana Risidence Bogor.

Selain wahana air, di sini kamu juga bisa menikmati sinema 4D, aquarium raksasa dan taman burung.

4. Jungel Land

Nah, kalau Jungel Land agak beda. Ini semacam wahana permainan di dufan Ancol.

Jungle Land masih relatif baru.

Wahana permainan milik Bakrie Group ini berlokasi di Sentul City, Bogor. Dekat banget sama tempat saya kuliah dulu, hehe.

5. Danau Situ Gede

Dana Situ Gede luasnya sekitar 6 hektar. Danau ini dikelilingi hutan sehinggaa suasananya bena-benar adem.

Masyarakat di sini juga sering berkunjung ke sini baik untuk memancing, manaiki perahu atau sekedar jalan-jalan.

6. Marcopolo Water Adventure

Hampir mirip dengan The Jungle Water Park, namun Marcopolo Water Adventure memiliki fasilitas yang lebih komplit.

Lokasinya ada di perumahan Bukit Cimanggu City, Bogor.

Di sana ada water boom, kolam arus, kolam renang bayi, kolam renang anak, kolam renang dewasa, kolam air panas dll.

Lengkap deh pokoknya.

7. Taman Wisata Mekarsari

Taman ini digagas oleh Ibu Tien Soeharto (Alm.). Resmi dibuka pada tahun 1995. Awalnya Taman Mekarsari dibuat dengan konsep sebagai tempat untuk konservasi tumbuhan, namun meluas menjadi areal konservasi, edukasi, reboisasi juga rekreasi.

Taman ini luas banget, sekiat 260 hektar.

Di sana kamu akan melihat berbagai varietas tanaman buah dan sekitar 100.000 pohon. Kamu akan melihat berbagai tanaman hias, tanaman sayur, tumbuhan penghasil rempah, tumbuhan tropis seperti nangka, salak, melon dll.

Banyak deh pokoknya.

8. Taman Safari Cisarua

Taman safari juga mungkin udah ngga asing asing lagi ya di telinga kamu.

Saya sebenarnya agak bingung taman safari ini disebut apa ya, soalnya nggak cocok disebut kebun binatang. Wong binatangnya lepas-lepas gitu.

Di sini kamu akan melihat berbagai macam jenis hewan. Iya, berbagai macam! Coba sebutin aja hewan-hewan yang kamu tau, kemungkinan ada di sana haha.

Dan kamu kalau ingin masuk ke sana harus menggunakan mobil. Memang mau jalan kaki tapi tiba-tiba disamping kamu muncul singa ama macan?

9. Kampung Budaya Sindangbarang

Di Kampung Sindangbarang kamu bisa menikmati dan mempelajari berbagai kesenian dan kebudayaan Sunda. Kamu juga bisa melihat peninggalan dari kerjaan Padjadjaran.

Kampung ini dipercaya sebagai kampung tertua di Bogor dan dipercaya sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda pada abad ke-7.

Yang paling penting adalah suasana di kampung ini adem banget.

10. Taman Riung Gunung

Di Taman Riung Gunung kamu bisa jalan-jalan menelusuri area perkebunan teh sambil menikmati udara dan suasana yang sejuk. Iya, taman riung gunung ini terletak di kawasan Puncak Bogor.

Selain menikmati pemandangan kebun teh, di sini juga terdapat sarana bermain untuk anak-anak, are outbound, kolam renang, flying fox dll.

Rekreasi bersama keluarga tentu akan lebih mengasikkan.

11. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Ini salah satu tempat permainan air panas favorit di Bogor. Air panas Tirta Sanita Ciseeng memang ramai sekali dikunjungi pengunjung, baik masyarakat setempat maupun pendatang.

Cocok banget untuk melepas penat setelah satu minggu bekerja, hmm.

12. Museum Zoologi Bogor

Meseum ini letaknya di dalam Kebun Raya Bogor. Tapi ini bukan meseum seperti taman safari lho ya. Binatang-binatang yang ada di sini semuanya telah mati dan diawetkan. Jumlahnya mencapai puluhan ribu. Wisata edukatif favorit!

13. Warso Farm

Yang satu ini wisata perkebunan, tepatnya pekebunan durian dan buah naga. Letaknya di Desa Cihideung, sekitar 10 km dari pusat Kota Bogor. Kalau mau pesta-pesta buah durian dan buah naga, di sinilah tempatnya.

14. Air Panas Ciparay

Letaknya seperti namanya, di Desa Ciparay Bogor. Air Panas Ciparay adalah  tempat pemandian air panas yang harus kamu kunjungi. Untuk kesana, kamu harus menuruni 400 anak tangga. Lelah? Saya rasa nggak, soalnya kamu akan melihat pemandangan yang indah sambil menuruni setiap anak tangga itu.

Itulah 14 tempat rekreasi yang harus kamu kunjungi di Bogor.

Jika butuh apa-apa bisa hubungi saya.

Salam cinta,

Razi Tamvan.

2 Comments

  1. isna
    • Arrazi Ibrahim

Reply