Tentang Musik Yang Saya Suka (Hip Hop)

Selain menyukai jalan-jalan, saya juga suka mendengar musik. Ada banyak sekali genre musik di dunia. Ada jazz, reggae, hip hop, rock, metal, punk dan lain sebagainya. Belum lagi jika ditambah dengan genre musik kedaerah seperti dangdut, akan menambah lagi list jenis musik yang ada. Kali ini saya akan menceritakan tentang genre musik yang saya suka, hip hop. Sebenarnya telinga saya suka banyak jenis musik. Saya suka punk rock, saya juga suka death metal, jazz, blues bahkan saya suka dangdut (tertentu). Namun jika dibandingkan dengan genre yang lain, hip hop is on the top.

Suka Sejak Kapan?

Well, belum lama. Saya mulai suka sepertinya sejak awal SMA. Suatu hari saya jalan-jalan, iseng mampir ke toko kaset. Waktu itu walkman masih sangat keren dan saya beli kaset tape, apa tuh  sebutannya?, kaset tape kan?.

Lihat-lihat di etalasenya ada yang menarik, judul di kasetnya “encore”. Belakangan saya tahu “encore” adalah albumnya ke-5 nya eminem yang release tahun 2004. Album encore menurut saya adalah salah satu album terbaiknya eminem selain “relapse” dan “recovery”.

Jangan Kejauhan, Jelasin Dulu Apa Itu Hip Hop

Ok, dari beberapa sumber yang saya baca, dapat saya simpulkan begini. Hip hop adalah culture atau budaya yang awalnya dikembangkan oleh orang afrika-amerika sekitar tahun 70-an. Jadi hip hop itu bukannya musik rap?. Bukan, hip hop itu ada 4 kategori : rapping (MC-ing), Beat Boxing, Dj-ing dan seni Grafiti. Nah, musik rap adalah salah satu bagian dari hip hop, namun bisa dibilang yang paling besar sehingga banyak orang yang menganggap sama antara rap dan hip hop. Termasuk saya, di awal saya sebutkan suka musik hip hop kan, harusnya musik rap. hehe

Siapa Rapper Favorit?

Oia, rapper itu sebutan untuk orang yang nge-rap, atau yang nyanyiin lagu rap. Sebutan lain dari rapper adalah MC atau Microphone Controller. Rapper favorit saya banyak sekali. Beberapa akan saya sebutkan disini.

Eminem

Beberapa MC menyebut eminem is best rapper of all the time, rapper terbaik sepanjang masa. Hal ini karena skill yang  Em (Panggilan eminem) punya luar biasa. Eminem kelahiran Oktober 1972, berarti doi sekarang udah 42tahun. Namun penampilannya masih muda banget. Nama asli doi adalah Marshall Bruce Mathers III.

Hingga saat ini eminem udah keluarin 9 album. Album pertama sampai terakhir berturut-turut adalah infinite, The Slim Shady LP, The Marshall Mathers LP, The Eminem Show, Encore, Relapse, Rocovery, The Marshall Mathers LP 2 dan yang terakhir baru keluar akhir tahun lalu Shady XV.

kalo teman-teman ingin tahu lebih tentang eminem silahkan kunjungi blog doi di www.eminem.com.

Eminem Tampil Live

Eminem Adalah Salah Satu Rapper Terbaik Yang Pernah Ada *Sumber Gambar: hitfix.com)

Logic

Iya, Logic itu nama orangnya gan, nama panggung maksudnya. Nama aslinya adalah Sir Robert Bryson Hall II. Doi masih muda, kelahiran Januari 1990.

Album yang Logic keluarin baru satu, under pressure yang bekerja sama dengan label hip hop paling keren di Amerika, Def Jam. Namun Logic sudah membuat sekitar 150 lagu dan semuanya free. Selama ini Logic berada dibawah label Visionary Music Group.

Hal pertama yang saya suka dari Logic adalah kualitas musiknya yang bagus dan berbeda. Kedua, doi sangat-sangat humble dengan para fans. Logics setau saya satu-satunya rapper yang jauh dari drink, smoke, weed, club dan sekitarnya.

Beberapa lagu yang saya suka antara lain Young Sinatra III, Now, Nikki, Im Gone dll.

Rapper Logic Keren

Rapper Logic Sekarang di Label Def Jam (Sumber Gambar: musicumpire.co.uk)

Tupac

Rasanya ngga ada hormat-hormatnya sama hip hop kalau saya ga masukin tupac ke dalam list. Tupac adalah  legend di dunia rap. Doi udah meninggal tahun 1996 karena ditembak. Tupac dianggap sebagai salah satu musisi yang paling sukses karena albumnya terjual sebanyak 75 juta copy. Nama lain dari tupac adalah 2pac atau makaveli.

Saat masih hidup, tupac sering menyuarakan tema sosial melalui lagu-lagunya.

Kalau teman-teman ingin dengar lagu-lagu tupac, ada tiga rekomendasi lagu dari saya yaitu life goes on, hail mary dan dear mama.

Rapper Tupac

Rapper Tupac Merupakan Legend di Dunia Hip Hop (sumber Gambar: collider.com)

Ada banyak lagi sebenarnya rapper-rapper keren yang saya suka namun tidak mungkin saya ceritakan semua di tulisan ini karena dari jumlah kata sudah mencukupi syarat untuk menjadi konten berkualitas. hehe. Beberapa nama rapper keren lain misalnya Jay Z, G Eazy, J Cole, Eazy E, Drake, Rich Homie Quan, Kanye West, Nas, Tech N9ne, Snow Da Product, Lil Wayne, Kendrick Lamar dan lainnya. Mereka semua keren-keren dan mempunyai ciri khas masing-masing.

 

 

 

Reply