Allah dulu, usaha belakangan.

Saya punya beberapa guru ngaji, orang-orang shaleh, dengan pemahaman yang bagus. Nah salah satu guru ngaji saya ini, cara berpikirnya itu mirip banget dengan Habib Novel Alaydrus. Saya akan ceritakan 2 hal tentang beliau. Cerita pertama. Beliau secara financial tuh biasa aja setau saya. Namanya orang shaleh itu biasanya nggak pengen yang aneh-aneh. Nah suatu … Read moreAllah dulu, usaha belakangan.

Ibadah apa yang paling baik?

Nabi Muhammad pernah ditanya oleh 3 orang berbeda dengan pertanyaan yang sama: “ibadah apakah yang paling baik?” Beliau menjawab dengan jawaban yang berbeda-beda ke masing-masing penanya. “ibadah yang paling baik adalah jihad” Ke yang satunya, “ibadah yang paling baik adalah berbakti kepada orang tua” Ke yang lain beliau bersabda, “ibadah yang paling baik adalah sedekah” … Read moreIbadah apa yang paling baik?

Kenapa kita kadang berputus asa terhadap sesuatu?

Kenapa kita kadang berputus asa terhadap sesuatu? Karena kita suka sekali melihat kemampuan kita. Mau ujian, “kayaknya nggak lulus deh, begok gini” Pengen nikah, “kayaknya gak dapet deh, udah tua gini siapa yang mau” Pengen rumah, “rumah sekarang yang nyaman 1-2 M an, kapan kebeli?” Dll sering terjadi di kehidupan kita. Karena kita sering kali … Read moreKenapa kita kadang berputus asa terhadap sesuatu?

Ngalap Berkah

Ngalap Berkah. Dalam Islam dikenal juga dengan istilah tabarruk. Sebagian kita anti banget sama ngalap berkah, atau coba ngambil barokah/kebaikan/dst dari sesuatu yang Allah kasih barokah/kebaikan/dst ke sesuatu itu. Kita lupa dulu para sahabat rebutan lho rambut Rasulullah SAW. Coba cari sendiri, haditsnya shahih. Kita juga lupa dulu Nabi Ya’qub as dulu kan sakit mata. … Read moreNgalap Berkah