3 ilmu biar hidup nggak stress. (by Habib Novel Alaydrus)

Di akhir zaman ini kan banyak orang yang stress, pusing, puyeng, dst.

Merasa kok masalahnya berat banget, nggak kunjung selesai.

Nah ini ada 3 ilmu/tips dari Habib Novel Alaydrus agar hidup lebih nyantai.

Yuk disimak..

1. Jangan pernah mikir soal dunia.

Utang banyak, jangan dipikirin. Anak belum bayaran sekolah, jangan dipikirin. Istri ngomel terus, jangan dipikirin. Toko kebakaran, selow aja, jangan dipikirin.

Dipikirin emang akan nyelesaiin masalah?

Mikir aja ibadah kita, nasib kita di akhirat, dosa-dosa kita, dst. Mikir shalat kita udah sempurna belum ya. Zikir udah cukup belum ya. Hadir majelis mesti ditingkatkan ni. Dll

Ntar perkara-perkara dunia kayak di atas itu Allah yang ngurus.

Caranya gimana?

Pokoknya Allah yg ngurus, ntar ketauan kok gimana jalan keluarnya.

2. Semua yang Allah taqdirkan ke kita itu baik.

Allah itu baik. Yang Allah taqdirkan ke kita juga baik.

Allah kasi kaya, itu baik, jangan minta miskin krn kok susah kelola duit.

Allah kasi miskin, itu baik, jangan ngeluh, kalau Allah kasih kita kaya, terus malah jadi kayak Tsa’labah, yang zakatnya pun Allah udah nggak mau terima, mau?

Dan, since semua hal adalah taqdir Allah, maka semua keadaan kita saat ini adalah baik.

Clear ya?

3. Masalah itu tidak ada, kenapa?, karena Allah udah menciptakan solusi.

Inna ma’al ‘usri yusran.

Setiap ada kesulitan, minimal ada 2 kemudahan.

Ini Allah yang bilang lho, kalau ragu, ada yg salah dengan iman kita.

Hutang banyak, 100jt, besok orangnya mau ambil, kalau gak bayar, rumah mau diambil, masalah bukan?

Iya, awalnya itu masalah, tapi karena Allah udah nyiptain solusi/kemudahan/kebaikannya, jadinya itu bukan masalah lagi.

Solusinya apa?

Udah nggak usah mikir, balik lagi ke nomor 1, mikir ibadah dan akhirat aja, ntar Allah kasih jalan.

Mikir shalat aja, puasa, zikir, shalawat, hadir majelis ilmu, baik sama orang tua, banyakin shadaqah, shalat berjamaah-awal waktu-shaf depan, tilawah, dll. Udah gitu-gitu aja. Ntar Allah kasih jalan.

Kalau 3 ilmu ini udah khatam, udah nempel di hati, plong udah idup, selow, kayak Habib Novel noh. Butuh duit milyaran tapi senyummmmmm aja beliau tiap ceramah.

Reply