Penasaran dengan Tetangga Kamu yang Punya Banyak Uang Dari Internet? Mungkin Dia Melakukan 1-7 Hal Ini

JANGAN KETINGGALAN
EMAIL EKSLUSIF
Dapatkan email-email terbaik langsung ke inbox kamu
Subscribe!
in syaa Allah manfaat 🙂

Kemajuan teknologi internet telah menciptakan 7.943 jenis pekerjaan baru di tahun 2019. Mulai dari pekerjaan microjobs, jual-beli online, sampai pekerjaan profesional. Semua ada, lengkap! Bahkan orang awam pun bisa menghasilkan uang dari internet.

Tertarik untuk mendapatkan uang dari internet? Spesial untuk hari ini, saya akan membongkar cara mendapatkan uang dari internet, step by step. Semua rahasia tersembunyi akan saya bongkar satu per satu. Mau?

Apa saja rahasia yang akan kamu pelajari?

  1. Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet?
  2. Syarat dan ketentuan mencari uang dari internet.
  3. 5 cara mudah menghasilkan uang dari internet (khusus pemula).
  4. Cara menerima pembayaran dari internet.

Ingin tahu semua rahasianya? Let’s dive in!

Mau sukses? Gampang! Cari kegagalan sebanyak-banyaknya dan jangan pernah mengulanginya. Catat kegagalanmu dan perbaiki. Catat-perbaiki. Pengalaman akan menuntunmu mencapai puncak kesuksesan. Bob Sadino

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet?

Bagi kamu yang masih awam dengan dunia internet, jangan risau. Peluang mendapatkan banyak uang dari internet masih terbuka lebar. Asal kamu mau belajar dan praktik setiap hari. Insya allah, bisa.

Saya harap kurang dari 2 tahun, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan melebihi UMR.

Secara sederhana, cara mendapatkan uang dari internet itu terbagi menjadi 3 tahap:

  • Pertama, kamu memiliki barang atau jasa yang akan dipertukarkan dengan uang.
  • Kedua, ada orang yang mau membeli barang/jasa melalui internet.
  • Ketiga, kamu memiliki alat penerima pembayaran yang sah. Jadi, setelah transaksi terjadi, kedua belah pihak bisa saling bertukar uang, barang atau jasa.

Lah, kok sama seperti di dunia nyata?

Ya, memang kebanyakan mirip.

Katanya internet bisa menghasilkan uang dalam waktu cepat?

Kata siapa?

Internet memang dapat membantu seseorang mendapatkan uang yang melimpah. Tapi tidak instan. Sejujurnya, internet itu hanya media seseorang untuk mendapatkan uang. Tidak kurang dan tidak lebih. Untuk mencari uang dari internet, kamu juga butuh kerja keras, disiplin dan konsisten.

Biar pemahaman kamu tidak bengkok, saya akan memberi beberapa contoh.

5 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

  • Pertama, bekerja secara online. Artinya, kamu menukar waktu dan keahlianmu dengan uang melalui media internet. Contoh: Freelance, Microjobs, Remote Job, Virtual Assistent, Social Media Manager, Writer Online, Dubber Online, Designer Online, Engineer Online, dll.
  • Kedua, berjualan online. Artinya, kamu melakukan jual beli barang atau jasa melalui media internet. Contoh: Jual beli online barang bekas, jual beli di marketplace, reseller online, dll.
  • Ketiga, broker/makelar online. Artinya, kamu akan mendapatkan komisi jika berhasil menjual produk. Contoh: Dropshipping, Affiliate Marketing, Broker Online, dll.
  • Keempat, menjadi influencer dalam jejaringan sosial media. Artinya, kamu menjadi orang yang berpengaruh melalui media sosial. Nanti, kamu akan dibayar untuk mempromosikan sesuatu. Entah itu produk, jasa atau tempat wisata. Contoh: Blogger, Selebgram, Youtuber, Social media influencer, dll.
  • Kelima, agensi profesional. Artinya. kamu mendirikan agensi bisnis yang bertransaksi melalui media internet. Contoh: Graphic design agency, mechanical engineering design agency, video advertiser agency, web development agency, dll.

Cara menghasilkan uang dari internet itu ada banyak macamnya. Contoh di atas baru segelintir saja, Sejujurnya, masih ada banyak yang lainnya. Kamu pilih saja sesuai keahlian dan bakatmu.

CATATAN: Internet itu menjanjikan penghasilan melimpah bagi banyak orang. Tapi, tidak instant. Kamu perlu belajar beberapa keterampilan pendukung dan bekerja keras untuk mencapai target yang kamu tentukan.

Syarat dan Ketentuan Mencari Uang dari Internet

Ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mencari uang melalui internet:

  1. Kamu harus memiliki barang/jasa/keahlian yang bisa ditukar dengan uang. Kalau saya masih awam gimana kak? Jika fokus di bidang jasa, kamu bisa belajar secara otodidak melalui YouTube. Jika fokus menjual barang, kamu bisa menjadi reseller/dropshiper/affiliate dari produk orang lain.
  2. Kamu harus bisa terhubung ke internet dan menemukan pasar yang tepat. Artinya, kamu harus menemukan orang yang mau menggunakan barang/jasa yang kamu tawarkan. Pahami filosofi sarang semut. Cari tahu dimana audiens kamu sering menghabiskan waktu di internet.
  3. Kamu harus memiliki rekening yang bisa untuk transaksi online. Untuk transaksi dalam negeri saya merekomendasikan untuk menggunakan rekening bank BCA, Mandiri, dan BRI. Untuk transaksi luar negeri, saya merekomendasikan untuk menggunakan Paypal, dan Payoneer.
  4. Kamu harus mengetahui cara berkomunikasi secara online. Artinya, kamu harus belajar menggunakan media komunikasi terkini yang dipakai para konsumen. Misal: sosial media, whatsapp, Skypea, Online Chat, dll.
  5. Kamu harus mau belajar bahasa Inggris. Mau tidak mau, bahasa Inggris akan kamu temui saat mencari uang dari internet. Jangan minder dulu. Kamu bisa belajar otodidak melalui YouTube. Belajarlah secara perlahan, setiap hari. Jika kesulitan, pakai Google Translate.

Segera siapkan syarat dan ketentuan untuk mencari uang dari internet. Nanti, saya kasih tahu bagaimana cara memulainya. Jadi, kamu dapat menghasilkan uang sesegera mungkin.

CATATAN: Banyak pekerjaan di internet yang tidak memerlukan ijazah formal. Selama kamu bisa dan mampu menyelesaikan tugas yang diberikan, kamu akan direkrut.

7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Saya akan menjelaskan cara mendapatkan uang dari internet secara lugas. Jika ada yang belum paham, bisa langsung tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar. Allright! Mari kita mulai membongkar rahasia mencari uang dari internet:

1. Cara Mendapatkan Uang dari Pekerjaan Microwork di Internet

Dilansir dari wikipedia.org, microwork adalah pekerjaan sederhana yang dapat diselesaikan oleh banyak orang melalui internet. Jadi, kamu hanya bekerja dari depan komputer yang terhubung dengan internet.

Microwork tidak rumit. Orang awam internet pun dapat menyelesaikan tugas microwork setelah belajar 1-2 hari. Kamu akan dibayar berdasarkan jumlah pekerjaan yang mampu diselesaikan. Pembayaran microjobs biasanya setiap 1 bulan sekali. Tapi ada juga yang 2 minggu sekali.

Tertarik untuk menghasilkan uang dari internet melalui microwork?

Kamu dapat mencari situs penyedia microwork dengan mudah melalui pencarian Google. Ketik saja kata kunci berikut ini:

  • Popular microjobs 2019.
  • Captcha entry job.
  • Online work from home.
  • Paid surveys.

Untuk pemula saya merekomendasikan untuk mencoba ini dulu:

  1. Captcha Entry Jobs: Kolotiblablo.com dan 2Captcha. Singkat kata, kamu akan dibayar untuk menyelesaikan Captcha (Manual Captcha Solver).
  2. Amazon Mechanical Turk (MTurk). Singkat kata, MTurk menjadi media penghubung antara klien yang butuh jasa microjobs dengan para pekerja microjobs. Jenis pekerjaan microjobs di MTurk sangat bervariasi dan selalu update setiap hari. Cek aja dulu.
  3. Fiverr.com. Singkat kata, Fiverr adalah pasar online untuk jual beli jasa microjobs. Kamu dapat menjual keahlian kecilmu secara langsung. Dan kamu juga dapat melamar pekerjaan microjobs yang sedang di lelang.

Rangkuman Potensi Penghasilan Microwork:

  • Berapa lama gaji pertama cair: 1 bulan.
  • Potensi penghasilan setelah 30 hari bekerja: 3-7 juta per bulan (fulltime).
  • Keahlian yang dibutuhkan: Bahasa Inggris pasif, bisa mengoperasikan komputer, bisa mengikuti instruksi microjobs yang diberikan secara tepat.
  • Syarat pendidikan formal: Tidak ada. Tidak butuh ijazah.
  • Rekening yang dibutuhkan: Paypal, Payza, Skrill, Payoneer (pilih salah satu saja sesuai payment method situs microjobs).

2. Cara Menghasilkan Uang Dengan Menjadi Freelancer Online

Freelance adalah tipe pekerjaan yang tidak terikat dengan perusahaan dalam jangka waktu lama. Pekerjaan freelance ini dibayar berdasarkan keahlian seorang freelancer. Semakin hebat seorang freelancer, semakin mahal bayarannya.

Karena adanya internet, seorang freelancer dapat bekerja kapan saja dan dimana saja. Mereka tidak terikat ruang dan waktu. Cukup bermodalkan laptop dan internet, freelancer dapat mencari uang dari internet.

Ingin menjadi seorang freelancer?

Kamu dapat mencari situs marketplace freelancer dengan mudah melalui pencarian Google. Ketik saja kata kunci berikut ini:

  • Situs freelance Indonesia.
  • Situs freelance untuk pemula.
  • Best freelance websites for beginners.
  • Freelance jobs online for beginners.

Untuk pemula saya merekomendasikan untuk mencoba ini dulu:

  1. Freelancer.co.id (situs freelancer Indonesia).
  2. Sribulancer.com (situs freelancer Indonesia).
  3. Flexjobs.com (situs freelancer bule).
  4. Peopleperhour.com (situs freelancer bule).

Kamu dapat membuat akun di situs freelance secara gratis. Setelah melengkapi seluruh data diri dan portofolio, kamu bisa langsung mencari klien.

Ada 2 jenis job bagi freelancer:

  • Pertama, fix price. Artinya, kamu akan dibayar jika telah menyelesaikan satu pekerjaan. Bahasa sederhananya, kamu dibayar borongan.
  • Kedua, rate per hour. Artinya, kamu akan dibayar per jam kerja yang kamu habiskan.

Rangkuman Potensi Penghasilan dari Freelance:

  • Berapa lama gaji pertama cair: 1 bulan.
  • Potensi penghasilan setelah 30 hari bekerja: 2 juta – 500 juta per bulan (tergantung jumlah job yang dapat diselesaikan. Dan tingkat kesulitan job yang ditangani).
  • Keahlian yang dibutuhkan: Bahasa Inggris pasif dan conversational, bisa mengoperasikan komputer, memiliki keahlian terkait bidang freelancer yang ditekuni, memiliki keahlian negosiasi.
  • Syarat pendidikan formal: Tidak butuh ijazah. Tapi jika memiliki sertifikat pelatihan, kamu akan lebih mudah mendapatkan klien.
  • Rekening yang dibutuhkan: Paypal, Payza, Skrill, Payoneer (pilih salah satu saja sesuai payment method situs freelance).
CATATAN: Freelancer adalah seorang self-employee. Jadi, kamu harus bertanggung jawab atas pekerjaanmu sendiri dan mengatur waktumu sendiri. Freelancer tidak cocok untuk orang yang tidak bisa mandiri dalam bekerja.

3. Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Bagi kamu yang memiliki modal lebih, saya sarankan untuk belajar mencari uang melalui blog. Emangnya membangun blog menguntungkan? Oh, tentu. Baca artikel ini “dari mana sumber penghasilan blogger?“. Nanti kamu akan paham kenapa blogger profesional dapat menghasilkan ratusan juta rupiah per bulan.

Untuk pemula, saya menyarankan fokus membangun blog secara bertahap.

  • Pertama, blog Adsense.
  • Kedua, blog jual jasa.

Apa itu blog adsense?

Blog Adsense adalah blog yang diuangkan menggunakan Google Adsense. Jadi, kamu mendapatkan penghasilan dari pengunjung yang melihat dan mengeklik iklan di blogmu. Contohnya: blog concadev.com, wikihow.com dan goldenmaze.net. Ketiga blog tersebut membagikan konten berkualitas secara gratis. Akan tetapi, di blog mereka terdapat iklan dari Google Adsense.

Potensi Penghasilan Blog adsense:

  • Berapa lama gaji pertama cair: Setelah mencapai ambang batas minimal payout $100.
  • Potensi penghasilan setelah 30 hari bekerja: 3 juta – 200 juta per bulan (tergantung jumlah pengunjung per bulan yang melihat dan mengeklik iklan).
  • Keahlian yang dibutuhkan: Menulis konten artikel yang berkualitas, membuat website yang bagus, optimasi SEO, dan promosi website.
  • Syarat pendidikan formal: Tidak ada. Tidak butuh ijazah.
  • Rekening yang dibutuhkan: Western Union, Rekening BCA, Rekening Mandiri, Rekening BRI (pilih saja salah satu).

Apa itu blog jual jasa?

Blog jual jasa adalah blog yang dibangun untuk mempromosikan sebuah jasa. Jadi, konten pada blog tersebut fokus untuk menarik minat pengunjung untuk membeli jasa.

Contoh:

Kamu dapat membangun blog untuk menjual jasa secara online. Dan kamu dapat mempromosikannya selama 24 jam non-stop. Menarik, bukan?

Potensi Penghasilan Blog jual jasa:

  • Berapa lama gaji pertama cair: 1 minggu.
  • Potensi penghasilan setelah 30 hari bekerja: 2-50 juta per bulan (tergantung jumlah orderan).
  • Keahlian yang dibutuhkan: Keahlian dibidang jasa yang dijual, keahlian negosiasi, dan pemasaran online.
  • Syarat pendidikan formal: Tidak ada. Tidak butuh ijazah.
  • Rekening yang dibutuhkan: Paypal, Rekening BCA, Rekening Mandiri, Rekening BRI (pilih saja salah satu).
CATATAN: Kamu dapat membangun 2-5 sumber penghasilan dari satu blog. Jadi, kamu dapat menguangkan blog dengan memasang Google Adsense, jual jasa, affiliate marketing, dll. Potensi blog untuk menghasilkan uang dari internet sangat besar.

4. Cara Menghasilkan Uang dari Internet menggunakan Facebook

Facebook adalah salah satu sosial media paling popular di dunia. Selain untuk berkirim pesan dan untuk berbagi cerita, kamu bisa memanfaatkan Facebook untuk menghasilkan uang.

Ingin tahu cara menghasilkan uang dari Facebook? Let’s dive in!

Ada 5 cara mendapatkan uang melalui Facebook:

  • Pertama, menjual produk sendiri. Artinya, kamu memakai Facebook sebagai media promosi untuk menjual produk. Bisa promosi secara manual ataupun melalui FB Ads.
  • Kedua, mempromosikan produk orang lain. Artinya, kamu menjualkan produk orang lain melalui Facebook. Sistem kerjasama dapat berupa afiliasi, reseller dan dropshiper. Kamu dapat mencari supplier produk dari tokopedia.com.
  • Ketiga, membangun fanspage dan menguangkannya dengan Ad Breaks. Artinya, kamu dapat menghasilkan uang dari konten video yang kamu upload di fanspage. Syarat untuk menjadi publisher Ad Breaks adalah fanspage harus memiliki 10.000 follower dengan 30.000 jam tayang.
  • Keempat, menerima endorse. Artinya, kamu dikontrak untuk mempromosikan produk dari orang lain. Promosi bisa berupa postingan artikel/foto/video di akun Facebookmu.
  • Kelima, review produk. Artinya, kamu dibayar untuk memberi ulasan, testimoni dan promosi untuk produk tertentu.

Dari kelima cara mendapatkan uang dari Facebook di atas, mana teknik favorit kamu? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya.

Potensi Penghasilan dari Facebook:

  • Berapa lama gaji pertama cair: 1 bulan (tergantung kemampuan marketing yang dimiliki).
  • Potensi penghasilan setelah 30 hari bekerja: 3 juta – 300 juta per bulan.
  • Keahlian yang dibutuhkan: Copywriting, FB Ads marketing, graphic design, Video Editing, dll.
  • Syarat pendidikan formal: Tidak ada. Tidak butuh ijazah.
  • Rekening yang dibutuhkan: Rekening BCA, Rekening Mandiri, Rekening BRI (pilih saja salah satu).

5. Cara Menghasilkan Uang dari internet menggunakan Instagram

Sosial media berbagi foto dan video Instagram sangat popular di Indonesia. Ada 56 juta warga Indonesia yang selalu aktif berinteraksi di Instagram. Fenomena ini dapat kamu jadikan peluang untuk menghasilkan uang.

Ingin tahu cara menghasilkan uang dari Instagram? Let’s dive in!

Untuk bisa menghasilkan uang dari Instagram, kamu harus menarik perhatian banyak orang.

  • Pertama, Isi data akun dengan informasi yang benar.
  • Kedua, posting foto/video/ulasan yang menarik secara teratur.
  • Ketiga, pakailah tagar yang relevan.
  • Keempat, berinteraksilah dengan follower.
  • Kelima, fokuslah pada satu topik yang kamu kuasai. Jadilah influencer di topik tersebut.

Setelah, akun Instagram kamu mendapatkan banyak follower aktif. Kamu bisa mulai menguangkannya. Mau tau cara mendapatkan uang dari akun Instagram yang popular? Berikut ini 5 rekomendasi cara mendapatkan uang dari Instagram untuk pemula:

1. Affiliate marketing

Jadi, kamu mempromosikan sebuah produk melalui akun Instagram. Apabila ada produk yang terjual, kamu akan mendapatkan komisi 5-10% dari harga produk tersebut.

Kamu dapat mengikuti program affilaite marketing dari lazada.com, blibli.com, tokopedia.com, amazon.com, eBay, dll. Pendaftarannya gratis dan ga ribet.

2. Sponsor Posts

Sponsor post adalah sepotong konten Instagram yang disponsori oleh suatu produk atau merek tertentu. Misal: Instagram milik @maell_lee dibayar untuk mempromosikan brand @pstore. Jadi, pada beberapa konten Instagram @maell_lee akan ada promosi terkait @pstore.

3. Menjual Foto

Loh, bukannya kita upload foto di Instagram secara gratis. Bagaimana cara menjualnya? Sabar, akan saya jelaskan. Saat ini, ada beberapa situs yang dapat kamu pakai untuk menjual foto Instagram.

Jika foto kamu benar-benar bagus dan profesional, kamu dapat menjualnya ke dua website tersebut.

4. Mempromosikan Bisnis, Produk dan Layananmu

Pada sosial media Instagram, kamu dapat mempromosikan bisnis yang kamu kelola. Caranya cukup mudah.

  • Pertama, posting behind the scenes dari bisnismu. Jadi, pembeli akan lebih tertarik dan percaya dengan bisnis, produk, dan layanan yang kamu tawarkan.
  • Kedua, posting foto pelanggan kamu. Artinya, kamu membangun brand awareness melalui kesaksian para pelanggan bisnismu.
  • Ketiga, posting infographics + exclusive offers. Artinya, kamu melakukan edukasi pelanggan kamu menggunakan infografik dan promo penjualan yang menarik. Gambar infografik lebih mudah dipahami banyak orang dari berbagai kalangan.

5. Jual Akun Instagram

Akun instagram yang memiliki banyak follower aktif adalah aset digital yang berharga mahal. Banyak pebisnis yang ingin membeli akun Instagram tersebut. Pebisnis lebih suka membeli akun yang sudah jadi dari pada membangun sendiri. Yaiyalah, membuat akun Instagram yang popular itu lama banget! Mending beli yang udah jadi. Hehe.

Kamu dapat menjual akun Instagram dengan harga 3 juta – 30 juta rupiah. Harga dipengaruhi oleh seberapa banyak follower, segmentasi follower, kualitas follower dan jumlah follower aktif.

Potensi Penghasilan dari instagram:

  • Berapa lama gaji pertama cair: 1 bulan.
  • Potensi penghasilan setelah 30 hari bekerja: 1 juta – 200 juta per bulan.
  • Keahlian yang dibutuhkan: Copywriting, Instagram Ads marketing, graphic design, video editing, dll.
  • Syarat pendidikan formal: Tidak ada. Tidak butuh ijazah.
  • Rekening yang dibutuhkan: Rekening BCA, Rekening Mandiri, Rekening BRI (pilih saja salah satu).

6. Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Saat ini, ada 132 juta pengguna YouTube aktif di Indonesia. Angka ini akan bertumbuh seiring berjalannya waktu. Banyak talenta muda memanfaatkan YouTube untuk mencari popularitas dan uang. Sebut saja YouTuber Atta Halilintar, Ria Ricis, Bocah Ngapa(k) Ya. Mereka sukses melalui YouTube.

Ingin tahu rahasia anak millenial dapat uang dari YouTube?

Ada 4 cara mudah menghasilkan uang dari YouTube untuk pemula.

  • Pertama, menjadi mitra YouTube dan memonetisasi konten YouTube dengan iklan Adsense. Jadi, kamu fokus membuat konten yang diminati banyak orang. Selanjutnya, kamu daftarkan channel YouTube ke creator studio YouTube agar iklan Adsense dapat tayang.
  • Kedua, mempromosikan link afiliasi dari suatu produk. Artinya, kamu mempromosikan suatu produk melalui video. Pada akhir video kamu menyuruh penonton untuk mengeklik link di deskripsi YouTube. Apabila ada penonton yang membeli produk melalui link afiliasi tersebut, kamu akan mendapatkan komisi penjualan.
  • Ketiga, membuka donasi menggunakan Patreon. Jadi, kamu membuat rekening pada situs Patreon. Selanjutnya, pada saat membuat video, kamu menawarkan donasi pada penonton. Jika ada penonton dermawan, dia akan memberi donasi pada Patreon kamu secara suka rela.
  • Keempat, sponsor video. Artinya, konten video kamu disponsori oleh produk atau brand tertentu. Untuk pemula, kamu dapat mencari sponsor video dari perusahaan yang setopik dengan channel YouTubemu. Jika channel YouTube sudah terkenal, kamu akan di cari oleh banyak pebisnis untuk di endorse.

Potensi Penghasilan dari Youtube:

  • Berapa lama gaji pertama cair: 1 bulan.
  • Potensi penghasilan setelah 30 hari bekerja: 1,3 juta – 800 juta per bulan.
  • Keahlian yang dibutuhkan: Copywriting, video editing, berbicara di depan kamera, berakting, dll.
  • Syarat pendidikan formal: Tidak ada. Tidak butuh ijazah.
  • Rekening yang dibutuhkan: Paypal, Patreon, Rekening BCA, Rekening Mandiri, Rekening BRI (pilih saja salah satu).

7. Cara Mendapatkan Uang dari Menjual Produk Digital

Saya mengasumsikan kamu memiliki keahlian. Selanjutnya, ada pemula yang ingin belajar keahlian tersebut. Nah, kamu dapat membuat produk digital dari keahlianmu dan menjualnya melalui internet.

Contoh produk digital yang bisa menghasilkan uang dari internet:

  1. Jual eBook tentang sebuah topik menarik. Misal: cara beternak lebah, cara make up untuk tampil cantik, cara mendapatkan beasiswa LPDP. Tulis saja sebuah eBook tentang keahlian yang kamu miliki atau pengalamanmu. Selanjutnya, promosikan melalui internet.
  2. Jual video pembelajaran. Misal: video pembelajaran aritmatika untuk anak SD, video pembelajaran memasak, video cara presentasi yang meyakinkan, dll.
  3. Jual template premium. Misal: jual preset adobe lightroom, jual template excel untuk manajemen keuangan UMKM, jual template presentasi profesional, jual tema WordPress, dll.
  4. Jual mini-audio. Misal: mini-audio untuk background musik YouTube, Game, jingle iklan, dll.

Sebenarnya, masih ada banyak produk digital yang bisa dijual melalui internet. Untuk pemula saya merekomendasikan untuk mencoba 3 jenis produk digital itu dulu. Setelah mahir dan sukses, baru coba produk yang lain.

Jadi, Mencari Uang dari Internet itu Halal, Tapi Butuh Kerja Keras (Tidak Instan)

Mencari uang melalui internet itu terlihat mudah, tapi sebenarnya butuh kerja keras. Jangan mudah silau dengan penghasilan orang lain. Fokuslah pada keahlian dan bakat yang kamu miliki. Kamu dapat menggunakan situs microjobs, situs freelance, facebook, instagram dan YouTube untuk menghasilkan uang.

Pelajari alur kerjanya, pelajari aliran uang di dalam bisnis tersebut dan buat uang mengalir kepadamu. Jika tekun dan bersungguh-sungguh, kamu dapat menghasilkan uang puluhan juta dari internet. It’s posible. believe me!

Akhir kata, dari seluruh ulasan di atas, teknik yang mana yang akan kamu coba lebih dulu? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya. Saya ingin tahu apa yang kamu pikirkan. Dan, jangan lupa share artikel ini. Semakin banyak share dan komentar, semakin saya bersemangat membuat konten yang berkualitas. Sudah di share? Great! Makasih.

JANGAN KETINGGALAN
EMAIL EKSLUSIF
Dapatkan email-email terbaik langsung ke inbox kamu
Subscribe!
in syaa Allah manfaat 🙂

Leave a Comment

JANGAN KETINGGALAN
EMAIL EKSLUSIF
Dapatkan email-email terbaik langsung ke inbox kamu
Subscribe!
in syaa Allah manfaat :)
close-link