Jasa SEO (Search Engine Optimization)

Jasa SEO (Search Engine Optimization)

Di era internet seperti sekarang, jika kita sudah punya produk / jasa dan sudah punya website untuk produk / jasa tersebut, maka melakukan pemasaran (marketing) lewat berbagai media dengan basic internet adalah sebuah keharusan.

Sangat disayangkan jika kita tidak bisa memanfaat media sosial (seperti instagram, facebook, youtube, dll) untuk mendapatkan trafik (pengunjung) dan meningkatkan penjualan.

Sangat disayangkan pula jika kita tidak bisa memanfaatkan salah satu sumber trafik paling besar di jagat raya ini, yaitu mesin pencari, khususnya google.

Saya tidak akan membahas instagram, facebook, youtube, dll.

Saya akan fokus di SEO.

BTW saya akan membagi tulisan ini ke dalam 2 bagian besar.

Pertama, penjelasan singkat (nggak singkat-singkat banget juga sih) terkait SEO.

Kedua, jasa SEO yang saya tawarkan.

Sudah siap?

Mari kita mulai.. 😀

Apa itu seo?

SEO adalah berbagai macam hal (teknik) yang bisa kita lakukan agar mesin pencari (khususnya google) menempatkan website kita di halaman pertama dan di peringkat atas untuk keyword (kata kunci) yang kita sasar.

Misal kamu punya produk “keripik ubi ungu” dan kamu punya website khusus bernama keripikubiungu.id

Nah kamu pengen-nya kalau ada orang yang ketik “jual keripik ubi ungu” atau “keripik ubi ungu enak” di google, website kamu (keripikubiungu.id) ada di peringkat 1 google.

Untuk mencapai pengen-mu itu, kamu akhirnya melakukan berbagai cara / teknik yang sesuai dengan algoritma google. Nah dalam hal ini,  cara / teknik itu disebut SEO.

Mesin pencari itu hanya google?

Mesin pencari ada banyak, tapi paling banyak digunakan adalah google. Maka secara umum, ketika disebut SEO, maknanya adalah teknik SEO yang sesuai dengan algoritmat-nya google.

Mesin pencari yang lain sih ada kayak bing, ducduckgo, yahoo, dll. Tapi ya nggak banyak yang pake, di Indonesia apalagi.

Kenapa kita pengennya website kita berada di halaman 1 (pertama)?

Karena umumnya orang yang nyari info di google akan cukup dengan tampilan di halaman 1. Kamu sendiri jarang banget juga kan klik sampe halaman 2, halaman 3, dst?

Peringkat atas itu peringkat berapa?

Target semua kita tentunya  bisa peringkat teratas, peringkat 1, no. 1. Kalau susah, ya targetnya bisa diturunin dikit, peringkat 1-3.

Kenapa mesti peringkat 1?

Karena umumnya orang yang nyari info lewat google, nge-kliknya yang no. 1, no. 2, atau no. 3. Ada sih kasus kita lihat dulu sampe bawah, tapi ya jarang. Karena biasanya peringkat 1-3 itu adalah hasil yang paling bagus.

Apa itu Search engine optimization?

Search engine optimization adalah berbagai macam hal (teknik) yang bisa kita lakukan agar mesin pencari (khususnya google) menempatkan website kita di halaman pertama dan di peringkat atas.

Lho sama dengan SEO?

Yoi.

SEO adalah singkatan dari Search engine optimization. Jadi SEO adalah search engine optimization dan search engine optimization adalah SEO. 😀

  • search engine: mesin pencari.
  • optimization: optimasi.

Jadi secara terjemahan singkat dari bahasa aslinya (inggris), search engine optimization adalah optimasi mesin pencari.

FYI aja nih, menurut wikipedia, optimasi adalah suatu proses untuk mencapai hasil yang ideal atau optimal (nilai efektif yang dapat dicapai). Optimasi dapat diartikan sebagai suatu bentuk mengoptimalkan sesuatu hal yang sudah ada, ataupun merancang dan membuat sesuatu secara optimal.

Jadi, SEO dan search engine optimization adalah 2 hal yang sama.

SEO (search engine optimization) terbagi dua

Pertanyaan selanjutnya adalah, SEO (search engine optimization) itu ngapain aja sih? Kan SEO itu beberapa hal (teknik) agar ranking web kita bagus, nah beberapa hal / teknik itu apa saja?

Secara umum, beberapa hal / teknik / pekerjaan dalam SEO terbagi dalam 2 kategori besar.

Pertama, pekerjaan yang bisa kamu lakukan dari dalam website kamu, atau disebut juga Onpage SEO.

Kedua, pekerjaan yang bisa kamu lakukan, tapi nggak dari dalam website kamu, atau disebut juga Offpage SEO.

Seo onpage

Seperti saya jelaskan di atas, SEO Onpage adalah teknik SEO yang bisa kamu lakukan dari dalam website kamu.

Maksudnya, kamu kan punya akses ke dalam website kamu, bagi pengguna wordpress, biasa disebut dashboard. Nah SEO onpage itu kerjanya di sana, di dalam.

SEO onpage itu ngapain aja?

Ada banyak sih yang harus kita lakuin dari dalam. Beberapa di antaranya adalah: 1. jika itu konten berupa tulisan, bikin tulisan yang berkualitas (enak dibaca, bahasannya lengkap, ada subheading H2 / H3, dll), 2. loading website secepat mungkin, 3. pastikan website kamu mobile friendly, 4. Dan banyak lagi.

Seo offpage

Berbeda dengan SEO onpage, SEO offpage itu nggak bisa kamu lakuin dari dalam, dia mesti dari luar.

Nah apa saja yang termasuk dalam kategori SEO offpage?

Ada beberapa, tapi paling besar pengaruhnya adalah backlink. Artinya, dari sekian banyak faktor SEO offpage, backlink mempunyai pengaruh paling besar dalam SEO. Selain backlink, ada beberapa juga yang mempengaruhi SEO dari sisi offpage seperti aktivitas di sosial media, branding, dll.

Cara seo website

Oke, mungkin sampai di sini ada di antara kamu yang masih bertanya, kalau kamu punya website, cara SEO-in website tersebut gimana ya?

Singkatnya, kamu harus menjadikan website kamu sesuai dengan pengen-nya google, sesuai dengan kaidah SEO onpage dan SEO offpage yang baik, seperti yang udah saya jelaskan sebelumnya, dan memenuhi semua faktor yang mempengaruhi ranking di google.

Di atas kan saya bahas singkat (banget) tuh, untuk lebih dalam bisa kamu pelajari di sumber lain, in syaa Allah ada banyak sumber bacaan yang bagus.

Seo untuk google indonesia

Melakukan SEO (search engine optimization) untuk target pasar orang Indonesia secara umum sih sama dengan jika target kita orang bule.

Bedanya, kalau target kita orang Indonesia, secara umum kita harus bikin website berbahasa Indonesia. Sementara jika target kita orang bule, kita harus bikin website dan konten-konten dalam bahasa bule.

Untuk SEO offpage-nya (backlink), jika target kita pasar Indonesia, idealnya sumber backlink yang kita dapat juga berasal dari website berbahasa Indonesia, atau dari konten berbahas Indonesia. Nggak harus, tapi secara umum idealnya gitu.

Selebihnya, SEO untuk google Indonesia dengan google bule ya sama saja.

Manfaat seo

Manfaat SEO (search engine optimization) itu ada banyak sekali. Berikut saya cantumkan beberapa saja manfaat SEO:

  • naikin ranking website kamu di google
  • naikin jumlah trafik (pengunjung) ke website kamu
  • naikin jumlah penjualan produk / jasa kamu
  • naikin branding produk / jasa / startup / dst kamu
  • naikin jumlah pelanggan, dan kita / website kita semakin dikenal
  • dll

Siapa saja yang butuh seo (search engine optimization)?

Pertanyaan selanjutnya adalah siapa aja yang butuh SEO?

  • Semua orang yang punya produk / jasa dan ingin serius
  • Semua pebisnis yang ingin ningkatin penjualan
  • Siapa saja yang pengen lebih dikenal, lebih banyak pelanggan, dst
  • Dll

Pakar / master seo

Master SEO / pakar SEO / mastah SEO adalah sebutan untuk orang-orang yang punya keahlian dalam bidang SEO.

Sebutan ini idealnya sih dari orang lain ya, bukan dari kita sendiri. Lucu toh kalau kita ngaku-ngaku sebagai pakar / master / ahli dalam bidang apapun.

Siapa yang bisa jadi pakar SEO?

Siapa saja bisa, asal mau belajar dengan tekun, mau praktik dengan tekun, dan punya track record yang bagus dalam menaikkan ranking sejumlah keyword.

Jasa seo (search engine optimization)

SEO (search engine optimization) itu ribet emang. Runtutan pekerjaanya banyak. Onpage-nya capek. Offpagenya apalagi. Makanya para pemilik bisnis banyak yang ambil jalan mudah, yaitu dengan menyewa jasa SEO.

Jasa SEO (search engine optimization) adalah jasa yang menawarkan kenaikan trafik dan kenaikan ranking untuk keyword-keyword target di mesin pencari (google).

Jasa SEO (search engine optimization) memungkinkan para pemilik website untuk (hampir) tidak melakukan apapun, tau-tau ranking dan trafiknya naik aja, tau-tau banyak orderan, tau-tau banyak duit. 😀

Saya buka jasa SEO nggak?

Iya, saya buka jasa SEO, untuk itulah artikel ini saya buat. 😀

Baca lebih lanjut ke bawah ya..

Harga jasa seo / paket seo

Harga jasa SEO tentu variatif ya.

Ada yang relatif murah, ada yang relatif mahal.  Jasa SEO milik saya nih untuk harga rata-rata relatif mahal, tapi yarelatif murah juga, 😀

Jasa SEO yang saya tawarkan ini paling murah Rp30.000.000 per website, dengan 1-3 keyword (kata kunci).  Bisa lebih mahal jika keywordnya terlalu sulit. Tapi nggak bisa lebih murah. 😀

Jasa seo murah, bukan di sini!

Yup, ada banyak jasa SEO yang murah di Indonesia, kalau budget kamu terbatas, bisa coba ke yang lain ya. 😀

Jasa seo Indonesia

Jasa SEO yang saya tawarkan ini untuk keyword / produk / jasa khusus Indonesia ya. Nggak terima keyword-keyword bule.

Seperti yang saya sebutin di atas, idealnya backlink (sebagai salah satu faktor penting dalam SEO) untuk keyword bule juga berasal dari web-web bule. Nah saya sedang tidak terlalu fokus mengurusin sumber-sumber backlink dengan latar bahasa bule (inggris).

Jasa seo terbaik dan profesional

Jasa SEO yang saya punya ini in syaa Allah salah satu yang terbaik di Indonesia. Saya pun mengelola jasa ini secara profesional.

Jasa seo terpercaya dan berkualitas

Selama saya ngurusin client-client saya selama ini, alhamdulillah udah banyak yang mendapatkan hasil positif, trafik naik, rangking naik, penjualan naik. Alhamdulillah.

Closing statement

Saya rasa udah cukup ya pembahasan sekilas terkait SEO, dan terkait jasa SEO yang saya tawarkan. Untuk informasi lebih jelas, bisa kontak saya di 085211452245.

Catatan

Saat ini, saya tidak menerima jasa SEO, silakan pesan jasa backlink PBN jika kamu berminat, dan jika slot client masih ada. 🙂

Leave a Comment